Warga Donggala Dilanda Kekeringan, Relawan Ganjar Milenial Bantu Tandon dan Air Bersih : Okezone News

DONGGALA – Relawan Ganjar Pranowo, Ganjar Milenial Center (GMC) mendistribusikan bantuan berupa tandon dan air bersih gratis kepada ratusan keluarga yang ada di Dusun IV, Desa Towale, Kecamatan Banawa Tengah, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah pada Senin (9/10/2023).

Sentuhan bantuan itu sebagai bentuk pengabdian pendukung Ganjar Pranowo tersebut kepada masyarakat dalam bentuk hal yang bermanfaat.




“Kegiatan hari ini kami bentuknya pengabdian masyarakat dalam hal ini kita mengadakan distribusi air bersih sekaligus pembagian tandon air gratis,” ujar Korwil GMC Sulteng, Muamar Khadafi.

 BACA JUGA:

“Kebetulan di sini masalah utamanya yaitu kekurangan air bersih, apalagi musim kemarau agak susah airnya terus jangkauan akses PDAM juga susah makanya kita inisiatif untuk mengadakan program ini,” lanjut dia.

Kondisi kekeringan sudah terjadi lebih dari tiga bulan di Desa Towale. Hal itu makin diperparah dengan musim kemarau yang melanda Indonesia belakangan sehingga membuat warga mengalami krisis air bersih.

Akibatnya, warga mau tidak mau harus mengambil air ke sungai yang lokasinya cukup jauh dari permukiman. Sebagian mengambil air menggunakan kendaraan, sebagian lagi terpaksa berjalan kaki karena tidak memiliki kendaraan.

BACA JUGA:

Berkunjung ke Pesantren Manonjaya, Ganjar Disambut Ribuan Santri 

“Kalau untuk airnya biasanya kalau dari PDAM gak jalan, warganya ngambil air dari sungai. Dari rumahnya ke sungai sekitar dua kilometer jalan kaki,” ujar pria yang akrab disapa Dafi tersebut.

Sementara itu, jika warga ingin memperoleh air bersih dengan cara praktis mereka harus membeli dengan kisaran harga Rp80 ribu untuk satu drum.

“Kalau beli air satu drum sekitar Rp80 ribu. Kalau untuk KK (kepala keluarga) seratus lebih. Semoga dengan pemberian atau distribusi air bersih sekaligus pemberian tandon ini bisa membantu warga yang kekeringan di sini,” kata Dafi.


Follow Berita Okezone di Google News


Dafi berharap pihaknya dapat meringankan beban warga dengan bantuan tersebut. Sehingga warga tidak perlu berjalan kaki jauh ke sungai atau membeli air, namun dapat memperolehnya secara gratis dari Ganjar Milenial Center.

“Semoga dengan adanya tandon air ini warga di sini bisa menampung air yang ada, bisa digunakan bersama-sama, sekaligus nanti tandonnya bisa digunakan kalau misalnya ada acara, harapannya itu supaya lebih bisa membantu,” pungkasnya.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *