TNI AL Temukan Harta Karun Ribuan Amunisi Perang Dunia II di Perairan Cilacap

Senin, 17 Juli 2023 – 08:28 WIB

Cilacap – TNI Angkatan Angkatan Laut dari satuan jajaran Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Cilacap berhasil menemukan ribuan amunisi yang diduga berasal dari kapal perang yang tenggelam pada Perang Dunia II (PD II) di perairan Cilacap, Jawa Tengah.

Baca Juga :

Tiga Kolonel Pejabat Penting TNI di Kodam Aceh Diganti

Penemuan barang berharga itu terjadi di sekitar alur perairan Dermaga PT. SBI Desa Bonsayur, Cilacap, pada hari Sabtu, 15 Juli 2023 lalu.

Dilansir VIVA Militer dari keterangan resmi Dispenal, Senin, 17 Juli 2023, penemuan ribuan amunisi yang diduga berasal dari kapal perang PD II itu awalnya dilakukan oleh dua orang nelayan tradisional yang saat itu sedang mencari ikan, yaitu Mukmin (35) dan Surono (45).

Baca Juga :

Menteri Basuki: Saya Jadi Menteri Pertama yang Tinggal di IKN

Usai menemukan amunisi tersebut para nelayan berinisiatif segera melaporkan penemuan ini kepada Pangkalan TNI AL (Lanal) Cilacap pada Sabtu malam.

“Barang bukti yang ditemukan berupa lempengan besi, peluru tajam kaliber 12,7 mm dan kaliber 7,62 mm. Peluru-peluru ini ditemukan dalam kondisi serbuk amunisi sudah terbuang dan kondisi selongsong dengan proyektil telah terpisah,” kata Kadispenal Laksma TNI I Made Wira Hady Arsanta dalam keterangan resminya.

Baca Juga :

Haru Isi Pesan Terakhir Letkol Dedi Sebelum Tinggalkan Markas Raider 715, Prajurit TNI Menangis

Menindaklanjuti hal tersebut, lanjut Kadispenal, prajurit TNI AL dari jajaran Lanal Cilacap telah melaksanakan peninjauan lokasi daerah penemuan amunisi di bawah laut yang diduga berasal dari kapal perang pada era PD II yang tenggelam di perairan alur pelayaran Cilacap tersebut. 

VIVA Militer: TNI AL Temukan Ribuan Amunisi Peninggalan PD II di Cilacap

Halaman Selanjutnya

Ketika ditelusuri di bawah laut, ternyata benar saja, sebuah “Harta Karun” yang diduga kuat sebagai kapal perang era Perang Dunia II berhasil ditemukan dengan kondisi kapal sudah tidak utuh dan dinding kapal sebagian hilang serta geladak kondisinya sudah hancur. Dan ribuan amunisi yang ditemukan tidak jauh dari posisi tenggelamnya kapal tersebut.

img_title



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *