Timnas Filipina Krisis Dukungan Suporter Jelang Hadapi Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia : Okezone Bola

MANILLA – Timnas Filipina dilanda krisis dukungan suporter jelang menghadapi Timnas Indonesia pada Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Hal itu dikarenakan minat masyarakat yang menurun pada olahraga sepakbola.

Ya, minat masyarakat Filipina terhadap sepak bola menurun dalam beberapa tahun terakhir. The Azkals -julukan Filipina- dilanda krisis dukungan suporter jelang menghadapi Timnas Indonesia pada Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Filipina melakoni dua kali laga tandang pada putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026. Diawali dengan menjamu Vietnam pada 16 November, kemudian menghadapi Timnas Indonesia pada 21 November 2023 mendatang.

Jelang dua laga penting itu, Federasi Sepak Bola Filipina (PFF) tengah pusing tujuh keliling. Pasalnya, dalam beberapa tahun terakhir, minat masyarakat Filipina terhadap sepak bola sangat rendah.

Hal ini dijelaskan Sekretaris Jenderal (Sekjen) PFF, Mikhail Torre. Dia menyebut antusiasme masyarakat terhadap sepak bola amat menurun jika dibandingkan pada kurun waktu tahun 2010 higga 2014.

“Menurut pendapat saya, jumlah penontonnya tidak sama dengan apa yang kita lihat pada tahun 2010 sampai 2014 karena adanya campuran antara kesadaran dan hasil pertandingan,” kata Torre dilansir Philstar, Sabtu (4/11/2023).

“Dalam semua upaya kami untuk membangun permainan, saya pikir di pihak federasi, kami lupa memanfaatkan semangat para penggemar,” ujarnya menambahkan.

Dua kali laga kandang seharusnya menjadi keuntungan bagi Filipina dalam persaingan Grup F. Namun minimnya dukungan suporter membuat PFF harus memutar otak.


Follow Berita Okezone di Google News


“Ini adalah sesuatu yang ingin kami bawa kembali. Jika kami menggalang dukungan dari para penggemar untuk tim nasional, kami yakin hal ini akan memberi mereka dorongan untuk tampil baik,” ujar Torre.

“Bukan berarti tim nasional tidak bekerja keras, mereka selalu melakukannya. Tapi tidak ada pemain ke-12 yang memberi Anda dorongan tambahan selama pertandingan kandang,” lanjut pria yang disapa Coco itu.

PFF pun memutar otak untuk mengatasi hal tersebut. Mereka membanderol tiket pertandingan putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 dengan sangat murah, kisaran 100 Peso Filipina atau Rp28 ribu hingga 500 Peso atau setara Rp140 ribu.

“Kami berusaha sekuat tenaga untuk menghitung jumlah orang dan kami tidak ingin terpuruk, tetapi saya merasakan kegembiraan lagi terhadap sepak bola Filipina,” tutup Torre.

PFF juga berinisiatif mengadakan festival di luar stadion untuk para suporter, dimana akan dijual merchandise, makanan hingga minuman di luar Rizal Memorial Stadium, Manilla. Selain itu, juga terdapat mini-games menarik agar para suporter tidak bosan menunggu kick-off.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *