Tangkapan Terbesar dalam Sejarah AS, Polisi Sita Produk Mewah Palsu Senilai Rp15 Triliun : Okezone News

NEW YORK – Pihak berwenang di New York, Amerika Serikat (AS) telah menyita produk palsu senilai lebih dari USD1 miliar (Rp15 triliun), yang disebut-sebut sebagai tangkapan produk palsu terbesar dalam sejarah AS.

Para pejabat mengatakan mereka menyita sekitar 219.000 tas, sepatu, dan barang mewah palsu lainnya dalam penangkapan besar-besaran tersebut.




Dua pria telah didakwa menyelundupkan barang-barang tersebut, yang menurut polisi dilakukan di loker penyimpanan di Manhattan.

Jika terbukti bersalah, mereka terancam hukuman 10 tahun penjara.

“Perdagangan barang palsu bukanlah kejahatan tanpa korban,” kata komisaris polisi New York Edward A Caban dalam sebuah pernyataan, dikutip BBC.

“Ini merugikan bisnis, pemerintah, dan konsumen yang sah,” lanjutnya.

Kantor Kejaksaan AS untuk Distrik Selatan New York menangkap dua pria yakni Adama Sow dan Abdulai Jalloh pada Rabu (15/11/2023).

Menurut Kantor Kejaksaan AS, keduanya menjalankan operasi perdagangan barang palsu berskala besar dari Januari 2023 hingga akhir Oktober lalu.


Follow Berita Okezone di Google News


Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di
ORION, daftar sekarang dengan
klik disini
dan nantikan kejutan menarik lainnya


Foto-foto yang dirilis oleh pihak berwenang menunjukkan ruangan-ruangan yang penuh dengan tas mewah tiruan, dompet, kacamata hitam, dan banyak lagi, yang diperkirakan setara dengan harga eceran yang diperkiarakan pabrikan sekitar USD1,03 miliar.

Pihak berwenang mencatat bahwa nilai jual barang palsu biasanya jauh lebih rendah daripada perkiraan harga eceran yang disarankan produsen.

Penegak hukum menyita lebih dari 83.000 barang palsu dari tempat yang dikendalikan oleh Sow, yang diperkirakan bernilai lebih dari USD502 juta.

Adapun penggeledahan di tempat yang dikuasai Jalloh menghasilkan penyitaan lebih dari 50.000 barang palsu, yang diperkirakan bernilai lebih dari USD237 juta.

Pada September lalu, NYPD menyita barang palsu senilai USD35 juta dan menangkap 18 orang.

Lower Manhattan, khususnya di sepanjang Canal Street, telah menjadi rumah bagi sejumlah besar penjual barang palsu selama bertahun-tahun.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *