Piala Dunia Wanita 2023: Daftar Tim yang Lolos ke 16 Besar, Jerman dan Kanada Gugur

TEMPO.CO, Jakarta – Babak penyisihan grup Piala Dunia Wanita 2023 telah selesai digelar pada Kamis, 3 Agustus 2023. Berbagai kejutan tercipta selama fase tersebut, dari gugurnya tim unggulan, seperti Jerman dan Kanada sampai lolosnya tim debutan, Maroko.

Kanada dipastikan gagal melaju ke babak 16 besar setelah hanya menempati peringkat tiga di klasemen akhir grup B. Perjalanan Jesse Fleming diawali dengan hasil yang tak memuaskan setelah ditahan imbang Nigeria. Mereka sempat menang 2-1 atas Irlandia, sebelum akhirnya dihajar Australia 0-4.

Dengan hasil tersebut, tim peringkat tujuh dunia itu hanya mampu mengumpulkan empat poin dari hasil satu kali menang, satu kali imbang, dan satu kali kalah. Ini menjadi salah satu catatan terburuk Kanada sepanjang keikutsertaannya di Piala Dunia Wanita.

Sementara itu, Jerman yang berstatus sebagai tim peringkat dua dunia juga bernasib sama. Alexandra Popp dan kawan-kawan hanya mampu mengumpulkan empat poin dari satu kali menang, satu kali imbang, dan satu kali kalah. Mereka menempati peringkat ketiga grup H.

Der Panzer sempat tampil perkasa di awal babak grup dengan mengalahkan Maroko 6-0. Namun, setelah itu hasil minor mereka raih usai takluk 1-2 dari Kolombia dan imbang 1-1 dari Korea Selatan. Di sisi lain, Maroko justru menorehkan dua kemenangan beruntun dengan skor tipis 1-0 atas Korea Selatan dan Kolombia, lalu lolos dengan status runner up.

Kemudian dua tim asal Asia Tenggara, Filipina dan Vietnam menjadi juru kunci di grup masing-masing. Filipina yang meraih satu kemenangan atas Selandia Baru, gagal memaksimalkan peluang lolos setelah menderita dua kekalahan di grup A.

Vietnam lebih parah, mereka menjadi tim yang paling banyak kebobolan (12 gol) di fase grup tanpa membuat gol. Anak asuh Mai Duc Chung menjadi juru kunci grup E dengan catatan tiga kali kalah.

Iklan

Berikut daftar tim yang lolos ke babak 16 besar Piala Dunia Wanita 2023:

  1. Swiss
  2. Norwegia
  3. Australia
  4. Nigeria
  5. Jepang
  6. Spanyol
  7. Inggris
  8. Denmark
  9. Belanda
  10. Amerika Serikat
  11. Pranics
  12. Jamaika
  13. Swedia
  14. Afrika Selatan
  15. Kolombia
  16. Maroko

Jadwal 16 Besar Piala Dunia Wanita 2023

Babak 16 besar Piala Dunia Wanita 2023 akan berlangsung pada 5-8 Agustus 2023 dengan partai pertama mempertandingkan empat tim, yaitu Swiss vs Spanyol dan Jepang vs Norwegia. Babak final bakal digelar pada 20 Agustus 2023.

Piala Dunia Wanita 2023 sendiri digelar di dua negara, yaitu Selandia Baru dan Australia dan berlangsung mulai 20 Juli sampai 20 Agustus 2023. Total ada 32 tim dari enam konfederasi memperebutkan trofi juara dan hadiah uang 10,5 juta dolar AS atau sekitar Rp 159 miliar.

Pilihan Editor: Cristiano Ronaldo Cetak Gol Penyelamat Kekalahan, Al Nassr vs Zamalek 1-1 di Arab Club Champions Cup



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *