Kabut Asap di Pekanbaru, Pendaratan Pesawat Tertunda hingga 2 Jam : Okezone Economy

JAKARTA – Perum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (LPPNPI) atau AirNav menjelaskan adanya kabut asap di wilayah Pekanbaru, Palangka Raya, dan wilayah yang terdampak lainnya. Airnav menegaskan bahwa hal tersebut tidak berdampak pada pelayanan navigasi penerbangan secara signifikan.

Meski begitu, Sekretaris Perusahaan AirNav Indonesia Hermana Soegijantoro mengatakan, akibat kepulan asap tersebut hanya mengakibatkan keterlambatan pada pendaratan pesawat. Hal tersebut guna memastikan keselamatan penumpang.

“Hasil koordinasi dengan General Manager wilayah terdampak, rata – rata penerbangan mengalami keterlambatan pendaratan hingga 1-2 jam dengan pertimbangan untuk mengutamakan keselamatan (safety) sampai dengan jarak pandang standar tercapai,” katanya dalam keterangan tertulis, Senin (2/10/2023).

Sementara secara keseluruhan, Hermana mengatakan pelayanan penerbangan di wilayah terdampak dapat berjalan dengan lancar dan selamat.

Hermana mengatakan pihaknya juga telah memberikan informasi kepada maskapai terkait perkembangan jarak pandang terbaru hingga kondisi cuaca signifikan yang akan terjadi di wilayah-wilayah terdampak karhutla melalui berita penerbangan dan alat komunikasi ATC-Pilot.


Follow Berita Okezone di Google News


Sebelumnya, Kepala BMKG Pekanbaru Ramlan Djambak mengatakan bahwa pihaknya mendapat informasi dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Manggala Aqni, masih terjadi kebakaran di beberapa wilayah. Kebakaran saat ini juga terjadi di Kabupaten Kampar.

“Kebakaran terjadi di Kabupaten Pelalawan, dan juga terjadi hujan ringan di wilayah Pelalawan kemarin, sehingga asap yang tercampur dengan sedikit air akan mengakibatkan udara semakin kabur dan berat lambat utk bergerak,” katanya, Minggu (1/10/2023).

Dengan kondisi ini warga diminta waspada dan mengurangi aktitasi di luar rumah jika tidak ada keperluan.

“Untuk itu sebaiknya bila beraktivitas di luar rumah, tetap menggunakan masker,” imbaunya.

Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *