Jenderal Dudung dan Moeldoko Resmikan Fasilitas Air Bersih Demi Percepat Penurunan Angka Stunting

Selasa, 25 Juli 2023 – 19:13 WIB

Banten – Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman kembali meresmikan pembangunan fasilitas air bersih untuk mempercepat penurunan angka Stunting di Indonesia. Kali ini, pembangun fasilitas air bersih dilakukan di Desa Lebak Gedong, Kecamatan Lebak Gedong, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten.

Baca Juga :

Mayor Dedi, Perwira TNI yang Pimpin Pasukan Geruduk Polrestabes Medan Dibawa ke Jakarta

“Air merupakan sumber kehidupan manusia dan seluruh mahluk hidup. Terpenuhinya kebutuhan air bersih di masyarakat melalui program TNI AD Manunggal Air, kasus stunting akan semakin cepat tertangani,” kata KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman saat meresmikan penggunaan fasilitas air bersih dan percepatan penanganan stunting, di Desa Lebak Gedong, Kecamatan Lebak Gedong, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, Selasa, 25 Juli 2023.

Jenderal Dudung menjelaskan, pembangunan fasilitas air bersih untuk masyarakat ini merupakan kolaborasi apik Losergeek.org TNI AD dengan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) yang bertujuan untuk mendukung program nasional percepatan penurunan stunting di beberapa wilayah Indonesia. 

Baca Juga :

Iran dalam Bahaya, Ribuan Marinir Amerika Siaga Tempur

“Dimana tujuan dari Program Manunggal Air dan Percepatan Penurunan Stunting tersebut adalah guna mewujudkan generasi bangsa yang sehat, cerdas dan produktif, serta mampu berkompetisi dalam persaingan global,” ujarnya.

Program Manunggal Air tersebut diwujudkan dengan pembuatan sumur bor di 615 titik, pompa hidram di 646 titik, dan sumur gravitasi di 84 titik lokasi yang tersebar di seluruh pelosok tanah air, serta ditargetkan dapat memberikan manfaat bagi 240.049 Kepala Keluarga (KK), atau lebih dari 654.000 jiwa.

Baca Juga :

Lusinan Rudal Inggris dan Amerika Hancur Jadi Rongsokan Korban Senjata Rusia

Untuk diketahui, peresmian penggunaan fasilitas air bersih tahun 2023 dilakukan secara serentak di seluruh wilayah Indonesia. Namun peresmian pusatnya dilakukan di Desa Lebak Gedong, Lebak, Banten, dan dihadiri langsung oleh Kasad, Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Jenderal TNI (Purn) Moeldoko, Wakil Menteri Kesehatan Prof. dr. Dante Saksono Harbuwono, Pangkostrad Letjen TNI Maruli Simanjuntak, Danpusterad Letjen TNI Teguh Muji Angkasa, Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Kunto Arif Wibowo,  Direktur Air Minum Dirjen Cipta Karya Anang Mukhlis mewakili Menteri PUPR, Deputi Bidang Koordinasi Kesejahteraan Sosial Kemenko PMK Prof. Dr. Ir. R Nunung Nuruanto, M.Si, mewakili Menteri PMK, dan para Asisten Kasad. 

VIVA Militer: KSAD Jenderal Dudung resmikan fasilitas air bersih di Lebak

Halaman Selanjutnya

Dalam kegiatan yang juga digelar secara virtual melalui Video Conference ke seluruh jajaran TNI AD di seluruh Indonesia ini, Kasad menyampaikan bahwa inisiasi awal Program Manunggal Air dilakukan di wilayah Kodam IX/Udayana. Namun kini telah menjadi program nasional, dalam upaya pemenuhan kebutuhan air bersih bagi masyarakat yang kesulitan mendapatkan air bersih, serta muaranya dapat mempercepat penurunan stunting. 

img_title



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *