Gawat, Dua Senjata Mematikan Tentara Bayaran Rusia Dipakai Pemberontak Sudan

Rabu, 9 Agustus 2023 – 14:33 WIB

VIVA – Meski tengah terfokus pada pelatihan militer Belarus, nama tentara bayaran Rusia, Wagner Group muncul di Perang Saudara Sudan. Menurut kabar terbaru, dua senjata mematikan milik pasukan Yevgeny Prigozhin digunakan oleh pemberontak Pasukan Dukungan Cepat (RSF).

Baca Juga :

Gara-gara Posisinya Dibocorkan Sersan Ingusan, Tentara Ukraina Dibantai Habis Pasukan Rusia

Dalam laporan yang dilansir VIVA Militer dari African Defense Forum, pasukan pemberontak pimpinan Jenderal Hemedti (Mohamed Hamdan Dagalo), menggunakan rudal permukaan-ke-udara portabel dengan drone milik tentara Wagner.

RSF yang pada awalnya kewalahan melawan pasukan Angkatan Bersenjata Sudah (SAF). Akan tetapi dalam empat bulan terakhir, pemberontak RSF secara perlahan mampu mengimbangi kekuatan militer Sudan.

Baca Juga :

AS Invasi Rusia

Peningkatan kekuatan milisi RSF tak lepas dari gelontoran suplai senjata berupa rudal portabel dan drone dari pangkalan tentara Wagner Group di Republik Afrika Tengah dan Libya.

VIVA Militer: Rudal permukaan-ke-udara portabel milisi pemberontak Sudan

Baca Juga :

Moment Para Purnawirawan TNI AL Kenang Detik-detik Proklamasi RI di Atas Kapal Perang

Meskipun kalah telak dalam masalah keuangan, rudal dan drone seakan membangun kemampuan matra udara dalam organisasi milisi RSF. Sebab dengan senjata ini, milisi pemberontak Sudan bisa menjalankan misi pengintaian dan serangan berbasis udara.

Pada Mei 2023 lalu, sebuah jet tempur Mikoyan MiG-29 Fulcrum Angkatan Udara Sudan berhasil ditembak jatuh oleh milisi RSF dengan menggunakan rudal portabel milik tentara Wagner Group.

Halaman Selanjutnya

Kemudian pada Juli 2022, drone milisi RSF juga menyerang infrastruktur sipil termasuk rumah sakit di kota Omdurman. Akibat serangan itu, lima orang warga sipil tewas dan melukai 22 orang lainnya.

img_title



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *