Bukan Jakarta, Nama JIS Akan Diganti Menjadi Jokowi International Stadium, Benarkah?

Jakarta International Stadium atau JIS hingga kini menimbulkan banyak polemik. Namun terbaru, beredar kabar bahwa kepanjangan dari nama JIS akan diganti menjadi Jokowi International Stadium.

Namun, itu merupakan disinformasi yang beredar di Losergeek.org permasalahan JIS yang dibangun saat Anies Baswedan masih menjabat menjadi Gubernur DKI Jakarta.

Setelah dilakukan pengecekan fakta, klaim yang menyebut bahwa JIS akan berubah nama menjadi Jokowi International Stadium merupakan berita palsu atau hoaks.

Kabar perubahan nama JIS itu disebarkan oleh kanal YouTube ANIES BASWEDAN LOVERS yang mengunggah video berjudul “VIRAL!! Nama JIS Diganti Jakarta Independence Stadium/Jokowi International Stadium?”

Baca Juga:Meeting Bareng Sutradara Kupu Kupu Kertas, Arya Saloka Akan Gabung Bersama Amanda Manopo, Benarkah?

Pada thumbnail video dengan durasi 8 menit 20 detik itu terdapat keterangan dengan narasi yang berbunyi, “Muak Pada Drama Politisasi JIS Hingga Minta Nama JIS Diganti Jokowi International Stadium”.

Hingga kini, video itu telah disaksikan sebanyak lebih dari 8.600 penayangan. Lantas, benarkah JIS akan berubah nama?

Benarkah JIS akan diganti menjadi Jokowi Internasional Stadium. (sumber: [YouTube/ANIES BASWEDAN LOVERS])

PENJELASAN:

Sebagaimana yang diketahui, rumor perubahan nama JIS juga sempat terdengar pada awal Agustus 2023 di mana Bambang Pamungkas sempat mengusulkan pergantian nama JIS menjadi Jakarta Independence Stadium.

Namun setelah menonton video tersebut, narator hanya menampilkan cuplikan yang berisi pernyataan Bambang Pamungkas. Faktanya, narasi perubahan nama menjadi Jokowi International Stadium berasal dari ucapan salah satu warganet dengan nama akun @riahiriani. 

Baca Juga:Benarkah Bojan Hodak Coret 5 Pemain Persib Bandung dan Datangkan Giancarlo Gallifuoco?

“Udah min, ganti nama Jokowi International Stadium aja biar nggak repot-repot ganti atap, ganti rumput,” tulis warganet tersebut yang dapat disaksikan di video pada menit 5:52 detik.

Bahkan hingga akhir video, tidak ada bukti valid maupun pengumuman secara resmi bahwa JIS akan diganti nama menjadi Jokowi International Stadium dan bukan lagi Jakarta International Stadium. 

Oleh karena itu, kabar yang menyebutkan JIS akan berganti nama menjadi Jokowi International Stadium adalah informasi palsu.

Catatan Redaksi:

Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email [email protected].

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *