Apakah Benar Surat Keputusan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto Ditarik Kembali?

Informasi tidak benar yang menyatakan SK Menteri Pertahanan dicabut Presiden Joko Widodo.

Beredar informasi bahwa telah terjadi pencabutan Surat Keputusan (SK) untuk Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Dinyatakan pula dengan status ini maka Presiden RI melakukan pemecatan atas Menteri Pertahanan.

Kabar ini diunggah akun YouTube Kabar Politik, dengan judul “SANGAT MENGEJUTKAN!! Keputusan Jokowi Bulat, SK Mentri Prabowo Resmi Di Copot”.

Dengan foto thumbnail menunjukkan thumbnail yang diklaim proses pencopotan Prabowo Subianto.

Apakah informasi ini benar adanya?

CEK FAKTA

Dikutip dari Turnbackhoax.id, sejak Maret 2023, klaim terkait Presiden Joko Widodo memecat Prabowo Subianto sebagai Menteri Pertahanan sempat beredar dan sudah dipastikan jika klaim ini adalah hoaks.  

PENJELASAN

Saat dilakukan penelusuran, foto thumbnail adalah hasil manipulasi software pengolah gambar.

Berdasarkan pencarian Google Image Search, foto di thumbnail itu adalah momen pelantikan Menteri Kabinet Indonesia Maju. Foto aslinya dapat dilihat pada artikel detik.com dengan judul “Sah! Jokowi Resmi Lantik Menteri Kabinet Indonesia Maju”.

Selain thumbnail video yang dimanipulasi, video yang diunggah tidak ada penjelasan mengenai pemberhentian Prabowo Subianto sebagai Menhan.

Cuplikan video saat Prabowo Subianto berpidato diambil dari acara kampanyenya sendiri saat menjadi capres pada 2019. Video itu menunjukkan kemarahan Prabowo Subianto terkait kekayaan Indonesia.

Selain cuplikan video saat Prabowo berpidato, ditampilkan pula cuplikan video saat Presiden RI terlihat marah. Kemarahan itu dalam konteks asli terkait tindakan terorisme yang terjadi di Surabaya pada 2018.

Dilansir dari laman presidenri.go.id, nama Prabowo Subiantio masih terpampang sebagai Menteri bidang pertahanan. Dengan demikian, klaim terkait SK Prabowo Subianto dicopot oleh Presiden RI adalah tidak benar.

KESIMPULAN

Video “SANGAT MENGEJUTKAN!! Keputusan Jokowi Bulat, SK Mentri Prabowo Resmi Di Copot” memiliki konten yang dimanipulasi atau manipulated content.

Catatan Redaksi:

Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Metro Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi).

Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Metro Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email [email protected].

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *