7 Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi, Dicoba Yuk : Okezone health

PUNYA kolesterol tinggi tidak baik bagi kesehatan tubuh. Apalagi kolesterol tinggi jika dibiarkan menumpuk bisa berbahaya bagi kesehatan.

Kolesterol tinggi bisa menyebabkan tubuh tidak nyaman, seperti terserang stroke maupun jantung. Akibatnya bisa fatal jika dibiarkan saja.

Oleh karena itu kita wajib menurunkan kolesterol tinggi, begini caranya,

 

1. Perbanyak Serat

Makanan tinggi serat tidak hanya baik untuk kesehatan pencernaan, tetapi juga menjadi salah satu cara menurunkan kolesterol secara alami. Karena serat bermanfaat untuk mengikat lemak sehingga dapat mengurangi penyerapan kolesterol dalam usus dan kadar kolesterol dalam darah pun menurun. Makanan yang mengandung serat tinggi di antaranya sayuran, gandum, dan kacang-kacangan.

 BACA JUGA:

2. Konsumsi Makanan Penurun Kolesterol

Cara alami turunkan kolesterol tanpa obat adalah dengan mengonsumsi makanan penurun kolesterol. Beberapa pilihan makanan yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol, yaitu sayuran hijau, beras merah, pisang, kedelai, kacang-kacangan, hingga ikan salmon. Rempah-rempah, seperti jahe dan bawang putih juga dapat meningkatkan kolesterol baik dan menurunkan kadar kolesterol jahat.

3. Mengelola Stres

Cara alami turunkan kolesterol tanpa obat adalah dengan mengelola stress. Kesehatan mental dapat mempengaruhi kesehatan tubuh, jika mental stress dan tertekan dalam waktu yang lama dapat membawa dampak negatif pada tubuh, salah satunya meningkatkan kadar LDL dan trigliserida dalam tubuh. Ketika sedang stres, tubuh akan melepaskan hormon kortisol dan adrenalin yang dapat mempengaruhi kadar kolesterol. Produksi dua hormone itu memang berdampak baik karena bisa menghasilkan energi yang lebih besar karena kortisol dapat meningkatkan kadar gula dalam darah. Tetapi, meningkatnya hormon tersebut juga dapat memicu trigliserida sehingga kadar kolesterol dalam tubuh ikut meningkat.

4. Berhenti Merokok

Merokok memang memiliki sejumlah dampak buruk bagi kesehatan, salah satunya meningkatkan LDL dalam tubuh. Karena, zat nikotin yang terkandung dalam rokok dapat menghambat perjalanan kolesterol menuju hati untuk proses penyaringan, dampaknya kolesterol menumpuk di pembuluh darah, bahkan menyumbat pembuluh darah, dan meningkatkan risiko penyakit jantung. Dengan demikian, berhenti merokok adalah cara alami turunkan kolesterol tanpa obat.

 BACA JUGA:

5. Kurangi Minuman Beralkohol

Sama halnya dengan merokok, mengonsumsi minuman beralkohol secara berlebihan merupakan salah satu faktor yang dapat meningkatkan terjadinya masalah kesehatan, termasuk meningkatkan kadar LDL, trigliserida, dan tekanan darah. Mnegutip laman Kemenkes RI, tidak ada takaran alkohol yang aman untuk dikonsumsi. Sehingga, akan lebih baik jika kebiasaan mengonsumsi alkohol segera dihentikan secara cara alami turunkan kolesterol tanpa obat.


Follow Berita Okezone di Google News


6. Menjaga Pola Makan

Menjaga pola makan adalah cara alami turunkan kolesterol tanpa obat, termasuk juga berbagai penyakit lainnya. Sehingga, kamu harus menjaga pola makan dengan mengurangi konsumsi makanan manis dan makanan yang mengandung lemak jahat seperti lemah jenuh dan lemak trans.

7. Periksa Kolesterol Rutin

Cara alami turunkan kolesterol tanpa obat adalah dengan rutin memeriksakan kadar kolesterol. Jika kita tahu kadar kolesterol dalam tubuh, dapat membantu kita mencegah peningkatan kadar kolesterol dengan menerapkan pola makan dan pola hidup yang sehat.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *