6 Manfaat Mengejutkan Nonton Konser Musik, Pereda Sakit Salah Satunya : Okezone Lifestyle

SEMENJAK status pandemi Covid-19 tak lagi diberlakukan, perlahan kehidupan Masyarakat global mulai kembali berjalan normal. Salah satunya dengan kembali ramainya gelaran acara konser musik.

Banyaknya acara konser musik ini juga termasuk di Indonesia, mulai dari konser artis lokal hingga konser internasional dari artis K-Pop hingga artis Barat bisa dibilang dilangsungkan tiap minggunya.

Kebanyakan, setiap konser ini pun disambut meriah dan dipadati oleh masyarakat Indonesia yang datang berbondong-bondong untuk bersenang-senang. Menariknya, tahukah Anda di balik kesenangan yang ada, ternyata konser memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Untuk lebih jelasnya, mari simak enam manfaat konser bagi kesehatan, dilansir  dari Health Fitness Revolution, Kamis (28/9/2023)

1. Kurangi stress: Konser musik yang menawarkan suasana berbeda dari kebiasaan hidup sehari-hari, membuat seseorang akan dikelilingi oleh teman dan orang baru. Dalam acara tersebut, akan terlihat semua orang tersenyum, menari, dan bersenang-senang. Berada di lingkungan konser, tanpa disadari bisa membantu menurunkan stres karena tubuh melepaskan banyak kortisol.

2. Berikan rasa kebersamaan: Jika Anda ingin merasa lebih bahagia, pertimbangkan untuk pergi ke konser. Penelitian menunjukkan bahwa tindakan membeli tiket dan merencanakan pergi ke konser, akan melepaskan dopamin di otak Anda sehingga membuat perasaan bahagia bahkan sebelum pergi ke tempat konser.

Setelah berada di tempat konser lalu ikut bernyanyi dan menikmati musik, otak akan melepaskan endorfin yang akan membuat seseorang merasa lebih baik.

Otak Anda memahami bahwa ini adalah peristiwa yang patut diingat, sehingga perasaan bahagia itu akan tetap melekat selama berhari-hari berikutnya.


Follow Berita Okezone di Google News


3. Pereda sakit: Jika Anda sedang sakit, mungkin bisa coba pergi ke konser untuk meredakan rasa sakit. Ya, ternyata pergi ke konser musik bisa bantu meredakan sakit. Sebab, kala menghadiri konser, otak dapat melepaskan hormon endorfin yang membantu meredakan nyeri pada tubuh.

Hormon endorfin inilah yang akan membuat persepsi seseorang rasa sakit di tubuhnya berkurang. Bahkan konser mampu menghalangi sinyal rasa sakit sebelum mencapai otak loh!

4. Membakar kalori: Datang ke konser ternyata dapat membakar lebih banyak kalori daripada yang dibayangkan. Ini karena saat di konser, biasanya orang akan menari sepenuh hati dan bernyanyi bersama sekuat tenaga. Banyak orang mungkin tidak menganggap konser sebagai bentuk olahraga, tapi bergerak sepanjang malam dapat membakar banyak kalori. Bahkan, ketika hanya berdiri dan menonton, detak jantung akan lebih tinggi dari biasanya.

5. Tingkatkan fungsi otak: Mendengarkan musik dapat membantu tubuh menjadi rileks, fokus, bersemangat, dan membantu tidur lebih nyenyak. Menonton konser musik, fungsi otak kita pun ikut meningkat loh! Mendengarkan dan menyaksikan pertunjukkan musik secara langsung, alih-alih melalui headphone, memberikan otak media baru untuk merasakan pengalaman baru.

Musik secara langsung ini jadi pengalaman kreatif seluruh tubuh, nonton konser langsung juga membuka dan mengaktifkan lebih banyak area otak dibandingkan aktivitas lainnya karena membantu mendorong neurogenesis yang menumbuhkan neuron baru di otak. Makin banyak neuron yang dimiliki, maka semakin baik fungsi otak.

6. Bantu lawan depresi: Menyaksikkan konser musik, menikmati musik secara langsung bisa membuat seseorang jadi berpikir positif dan tidak jadi mengakhiri hidup karena depresi. Menghadiri konser musik secara langsung, bisa membuat seseorang tersadar kalau dirinya tidak sendirian dalam berjuang menjalani hidup.

Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *