5 Sumber Aromaterapi yang Bermanfaat untuk Meredakan Stres

TEMPO.CO, JakartaAromaterapi bermanfaat untuk relaksasi atau meredakan stres. Mengutip Healthline, minyak esensial ekstraksi dari tumbuhan sumber aromaterapi. Aroma terapi mengurangi stres dan kecemasan, karena sistem penciuman secara langsung mempengaruhi bagian otak yang mengatur emosi.

Sumber aromaterapi

1. Lavender

Kandungan ansiolitik memberi efek menenangkan atau terapi. Lavender bunga ungu yang khasiat  ekstraknya juga salah satu bahan baku untuk mengusir nyamuk. Merujuk Cleveland Clinic, menurut spesialis gaya hidup sehat Yufang Lin, lavender bermanfaat meningkatkan suasana hati juga meredakan nyeri perut atau kolik.

2. Kamomil

Minyak esensial dari tanaman ini memiliki sifat relaksasi yang bermanfaat membantu proses tidur. Tanaman ini juga telah digunakan untuk mengobati gangguan kecemasan, luka, nyeri, dan masalah tidur. Penggunaannya dioleskan beberapa tetes minyak esensial kamomil sebelum tidur untuk mendapat efek ketenangannya.

3. Jeruk

Minyak esensial jeruk memiliki sifat ansiolitik untuk membuat rileks. Menghirup minyak esensial jeruk mengurangi ketegangan yang memicu kecemasan. Aroma jeruk meningkatkan indra untuk meningkatkan kewaspadaan. Kombinasi efek menenangkan membantu suasana hati yang seimbang.

Iklan

4. Kayu cendana

Minyak yang berasal dari kayu dan akar pohon cendana memiliki sifat ansiolitik yang hangat. Aromanya bermanfaat mengurangi kecemasan. Minyak cendana yang lembut bisa dioleskan atau langsung dihirup.

5. Clary sage

Ekstrak bunga ini aromanya mempengaruhi kortisol atau hormon stres. Tanaman ini efektif menurunkan kadar kortisol dan menghasilkan efek antidepresan. Menyebarkan minyak ini di ruangan akan membuat efek menenangkan atau aromaterapi di seluruh ruangan. Bisa juga dioleskan di kulit.

Pilihan Editor: Bahaya Lilin Aromaterapi bagi Kesehatan



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *